15/11/2015

My IELTS Experience

Ya, jadi 31 Oktober lalu gue baru aja ambil tes Academic IELTS di IALF, salah satu institusi di Jakarta yang menyediakan IELTS. Selain di IALF, ada beberapa lembaga lain juga kayak British Council atau IDP yang nyediain IELTS. Untuk biaya IELTS sendiri itu $195, jadi harga tergantung kurs dollar pada saat registrasi. Saat itu gue registrasi online di http://ieltsonline.ialf.edu.

Preparation
Untuk preparationnya sendiri gue bilang masih kurang banget apalagi buat writing dan speaking yang gue kebanyakan belajar lewat internet karena gue gak ambil IELTS preparation course atau apalah. Untuk buku yang gue beli buat persiapan IELTS ini cuma Barron's IELTS Practice Exam, harganya 200rb-an kalau nggak salah ya.

Buat waktu persiapannya gue rasa agak kurang sih soalnya gue semangat-semangatnya belajar itu pas lagi libur akhir semester, pas masuk gue gak belajar buat IELTS soalnya udah sibuk sama tugas-tugas dan ulangan di sekolah. Gue baru belajar buat IELTS lagi sekitar 2 minggu kurang sebelum tes (nekat sih HEHE) gara-gara awal Oktober di sekolah gue ada UTS jadi ya fokus UTS dulu, padahal niatan awalnya gue selama Oktober bakal intensif persiapan buat IELTS, tapi apa daya...

H-2 mingguan itu gue fokus di writing sih soalnya menurut gue paling susah adalah di writing, gue cukup pede di reading soalnya selama gue ngerjain soal-soal di Barron's dengan waktu yang gue tetapkan 1 jam kayak IELTS yang asli juga nilai gue hamdalah belum pernah di bawah 7.5. Untuk listening, agak di bawah reading sih soalnya gue orangnya suka gampang terdistract sama sesuatu dan kalau udah ada yang kelewatan gue akan kurang fokus, tapi selama gue ngerjain soal di Barron's score gue juga belum ada yang di bawah 7.0. Buat speaking, gue agak pede soalnya selama di Wallstreet gue lancar-lancar aja ngomong sama guru-guru gue yang full native. Sementara buat writing, gue sangat amat tidak pede soalnya writing di IELTS itu academic banget apalagi gue emang ambil yang Academic IELTS dan gue sangat tidak terbiasa he he he.

Gue belajar darimana aja? Mostly dari internet. Nih recommendation situs-situs yang sangat amat membantu gue mempersiapkan IELTS:
http://ielts-simon.com
http://www.ieltsbuddy.com
http://ieltsliz.com

Oh iya, selain itu gue sempet ikut IELTS Try Out yang diadain Sun Education x IALF di Mandarin Oriental Hotel pas bulan September. Try Outnya gak full test jadi cuma reading dan listening, itupun soalnya gak bener-bener sejumlah soal pas IELTS aslinya. Ini hasil IELTS Try Out gue.


Dengan hasil segitu, score reading dan listening gue sekitar band 7.

TARGET
Target score gue buat IELTS minimal 7.5 deh dengan gak ada score yang di bawah 6.5 soalnya untuk di NUS sendiri IELTS gue applicable kalau writing dan readingnya di atas 6.5 dengan overall minimal 6.5.

Gue sampe bikin komitmen sama diri sendiri kalau IELTS gue naudzubillahmindzalik di bawah target, gue gak boleh lanjutin nonton Game of Thrones HAHAHA.

D-DAY!
Untuk hari H pelaksanaan IELTSnya gue bakal jelasin satu-satu ya dari Reading sampai Speaking.
Gue dateng jam 7 kurang dan sebenernya masih ngantuk banget, maklum itu hari Sabtu pagi yang biasanya jam segitu gue masih molor, jadi lah gue nyari Starbucks atau apapun yang jual kopi disitu akhirnya cuma nemu 7Eleven yang gak jauh dari Plaza Kuningan. Pokoknya setelah ngopi itu gue langsung cus ke gedungnya IALF di lantai 3 sekitar jam 7.15an, pas gue keluar lift itu orang-orang udah pada duduk ngeleseh di lantai nunggu registrasi ulangnya dibuka. Proses registrasi buka pokoknya jam 7.30an dan semua orang disuruh ngantri bikin dua line yang dimana lo bakal dikasih tempat pensil transparan (IYA SEGITUNYA) buat naroh alat tulis lo, alat tulis yang boleh dibawa cuma pensil, pulpen dan penghapus. Setelah itu lo bakal dicek satu-satu, yang dicek adalah HP lo yang harus udah dimatiin dan identitas (either passport atau KTP).

Setelah registrasi ulang, lo bakal dikasih nomer peserta dan disuruh nitipin semua barang bawaan lo. Jadi yang boleh dibawa cuma tempat pensil transparan yang tadi dikasih, air minum (harus transparan, kalau lo bawa air mineral macem Aqua itu labelnya harus dicopot), dan identitas lo.
Abis itu kita digiring ke satu ruangan buat foto dan sidik jari. Setelah itu, nunggu deh... lama nunggunya di koridor sebelum masuk ke auditorium dimana kita bakal ngerjain soal listening, reading, dan writing tanpa jeda. :)

LISTENING
Tes pertama itu listening, seperti yang sudah gue bilang tadi... gue orangnya gampang ilang fokus kalau udah kelewat dikit. Awalnya agak takut sih tapi ya udahlah ya. Auditoriumnya dingin banget pokoknya lo harus pakai sweater atau jaket atau apalah, di ruangan gue ada yang sampe pake syal sih tapi ada juga yang malah pake sleeveless gitu. Soal listening IELTS menurut gue sebenernya intinya adalah lo harus mengerti konteks gak hanya sekedar dengerin sih, tapi fun. Pertama-tama masih gampang sih biasanya tentang telephone call gitu jadi kalau gue kemarin ngisi form dari percakapan orang di telepon, setelah itu yang agak susah sih biasanya yang lecture agak panjang soalnya audionya agak panjang.

Gue sangat menghindari banget soal tentang maps atau lokasi gitu-gitu soalnya gue buta arah he he, dan untungnya gak keluar saat gue IELTS kemarin.

READING
Untuk reading, ya biasalah ngerjain 40 soal selama sejam. Yang jelas lo harus sarapan sih biar gak kelaperan kayak gue kemarin, dan kalau bisa lo pakai jam deh biar enak liat berapa waktu yang tersisa saat lo ngerjain soal-soal reading. Soalnya kalau reading gak bakal dikasih waktu buat mindahin jawaban ke answer sheet.

WRITING
Soal writing gue kemarin untungnya gak ada yang berhubungan sama process diagram sama maps. SENENG BANGET soalnya emang gue takut banget sama dua materi itu, gue gak ngerti HE HE HE. Untuk task 1 kemarin soal gue adalah disuruh menjelaskan bar graph tentang employment di berbagai bidang selama periode waktu tertentu.
Untuk task 2 kemarin disuruh bikin essay yang discuss both side tentang anggapan kalau museum itu udah gak penting lagi karena segala informasi bisa kita dapetin di internet.
Di writing ini menurut gue lo harus pinter-pinter time management soalnya emang 1 jam buat nulis 400 kata dengan struktur, kaidah bahasa, dan vocabulary yang baik itu kurang banget menurut gue. Gue gak sempet ngitung berapa kata yang ada di essay-essay gue itu, takut juga sih scorenya dikurangin gara-gara kekurangan kata. :-(

SPEAKING
Buat speaking ini gue dapet jadwal agak sore yaitu jam 2.45, jadi gue emang pergi dulu nyari makan setelah kelaperan 3 jam lebih HAHAHA. Gue agak pede di speaking jadi emang kurang belajar (serius jangan ditiru). Walau gue dapet jam 2.45, gue udah disuruh stand by jam 2 dan bener aja tes gue dimajuin jam 2.25. Agak grogi pas masuk ruangan soalnya emang bener-bener cuma berdua sama si examiner tapi gue tetep pede sampai part 3 dimulai dimana topik yang keluar pas gue tes adalah tentang jobs & profession. Ada bagian dimana gue diem sekitar 5 detik karena gue emang bingung apa yang harus gue bilang, gue sangat gak familiar dengan topiknya. Plus, itu ruangan dingin banget bikin gue pengen ke toilet.

Pas gue keluar, gue sok-sok ramah dengan bilang "Have a great weekend!" dan senyum selebar-lebarnya buat nutupin salting gue gara-gara kebodohan gue di part 3 itu. Setelah menahan rasa pengen ke toilet selama gue di ruangan, akhirnya pas gue kelar speaking test gue bener-bener ngibrit ke toiletnya. Pas balik dari toilet dan lewat ruangan test gue tadi, BEGONYA GUE LUPA NUTUP PINTU. Kebaperan gue mulai disitu, gue mikir "waduh examinernya bakalan sebel gak ya sama gue gara-gara gak gue tutup pintunya? bakal ngasih nilai jelek gak ya dia?" soalnya emang gue pribadi suka sebel kalau ada yang masuk ruangan terus pas keluar gak nutup pintu. Bodoh ya emang gue sebaper itu padahal si examiner kan udah trained buat obyektif sama hasil tes kita. :")

RESULT
YAAAK! hasilnya keluar setelah 13 hari yang membuat jantung cukup mendebar-debar. Sebenernya bisa sih kita liat secara online tapi gue ngerasa gak plong kalau belum ambil hasilnya langsung. Jadi hari Jum'at lalu pulang sekolah gue langsung cus ngambil hasil, masih pake baju sekolah dan pas masuk emang agak ditanya2in gue mau ngapain, soalnya emang itu IALF kan letaknya di gedung perkantoran gitu dan pas tes IELTS pun gue termasuk yang paling muda soalnya yang lain rata-rata udah kuliah S1 atau bahkan udah kerja.

Setelah gue ambil hasil, gue bener-bener gak berani buka sampe ada temen. Gue takut banget nilai jelek dan gak ada temen yang bisa dengerin ocehan gue he he. Pas dibuka... hamdalah, lulus target. Gue sangat gak nyangka bakal dapet skor segini dengan tes gue yang kemarin apalagi pas speaking itu. Seriusan gak nyangka.


---

Sekian dulu ya share pengalaman gue buat IELTS pertama gue ini.

Kalau ada yang mau ditanya-tanya seputar IELTS boleh comment di comment section di bawah ini atau gak bisa e-mail di nadiarizka@yahoo.co.id :-)

No comments:

Post a Comment